Rabu, 08 Februari 2012

coklaaaaattt


postingan kali ini gw dedikasikan spesial buat makanan paling yahut sedunia setelah masakan emak gw !

..ampun, meratiin gak gambar tangannya? buluan gitu. ihhhh ..
jadi makanan paling enak itu adalaaaaaahhhhh *jengjengjengg* COKELAT atau bahasa kerennya chocolate.
yup ! gw tanya deh, siapa yang gak suka sama eni makanan super enak apalagi kalo ada lebih dari sebatang ditangan gw :D
hahaha



kalo ditanya pendapat gw soal coklat, bagi gw coklat itu ibarat musik (deuuu..).
kenapa? karena waktu gw makan coklat pas lagi kesel, its instantly change my mood. langsung bahagia gitu deh :D
dan kalo gw makannya pas gw lagi bahagia, gw pun akan semakin bahagia dan menjadi semakin lebay ..seolah-olah dapet duit serebu jadi dapet duit sejuta. haha. as i said, gw jadi lebay :)
hmm kenangan gw tentang coklat cukup banyak. dari kecil gitu loh gw udah sering makan coklat :D
lagian anak kecil yang gak pernah makan coklat, kayaknya bisa dibilang MKKB deh (Masa Kecil Kurang Bahagia) .haha. itu menurut gw..

dan gw juga inget sama orang yang pertama kali ngasih silverqueen dua batang ke gw. waktu jaman esempe :)
gw juga inget pernah ngasih mama coklat, dan mama yang waktu itu baru pulang kerja dan keliatan capek langsung senyum-senyum sumringah gitu .hehe. coklat emang pembawa kebahagiaan deh :))

menurut vivanews, cokelat itu..

  1. membantu memecahkan matematika, karena mengandung Flanovol yang bisa bikin kerja otak jadi lebih cepat
  2. mengenyangkan
  3. meningkatkan suasana hati, karena mengandung suatu zat bernama.. ehmmm pokoknya diawali dengan huruf P. hehe. yang katanya reaksinya itu seperti orang jatuh cinta
  4. membantu agar relaks, karen amengandung anandamide yang punya efek seperti ganja, lo taulah kan ganja bisa bikin orang ngerasa bahagia.
  5. bikin awet muda, katanya British Medical Journal


well, gw akan membeberkan sedikit asal-usul si primadona anak-anak sampe orang tua ini, jeniss-jenisnya, trus macem2 olahannya.. dan tentunya resepnya juga ! kali aja bisa jadi kado spesial buat orang tersayang di bulan pennnnuuuh kasih sayang ini *kedipkedipmata

"        Cokelat dihasilkan dari kakao (Theobroma cacao) yang diperkirakan mula-mula tumbuh di daerah Amazon utara sampai ke Amerika Tengah. Mungkin sampai ke Chiapas, bagian paling selatanMeksiko. Orang-orang Olmec memanfaatkan pohon dan, mungkin juga, membuat “cokelat” di sepanjang pantai teluk di selatan Meksiko
         Residu cokelat yang ditemukan pada tembikar yang digunakan oleh suku Maya kuno di Río Azul,Guatemala Utara, menunjukkan bahwa Suku Maya meminum cokelat di sekitar tahun 400 SM. Peradaban pertama yang mendiami daerah Meso-Amerika itu mengenal pohon “kakawa” yang buahnya dikonsumsi sebagai minuman xocolātl yang berarti minuman pahit. Menurut mereka, minuman ini perlu dikonsumsi setiap hari, entah untuk alasan apa.
         Di awal abad ke-17, cokelat menjadi minuman penyegar yang digemari di istana Spanyol. Sepanjang abad itu, cokelat menyebar di antara kaum elit Eropa, kemudian lewat proses yangdemokratis harganya menjadi cukup murah, dan pada akhir abad itu menjadi minuman yang dinikmati oleh kelas pedagang. Kira-kira 100 tahun setelah kedatangannya di Eropa, begitu terkenalnya cokelat di London, sampai didirikan “rumah cokelat” untuk menyimpan persediaan cokelat, dimulai di rumah-rumah kopi. Rumah cokelat pertama dibuka pada 1657.


Semua cokelat Eropa awalnya dikonsumsi sebagai minuman. Baru pada 1847 ditemukan cokelat padat. Orang Eropa membuang hampir semua rempah-rempah yang ditambahkan oleh orang Meso-Amerika, tetapi sering mempertahankanvanila. Juga mengganti banyak bumbu sehingga sesuai dengan selera mereka sendiri mulai dari resep khusus yang memerlukan ambergris, zat warna keunguan berlilin yang diambil dari dalam usus ikan paus, hingga bahan lebih umum seperti kayu manis atau cengkeh. Namun, yang paling sering ditambahkan adalah gula. Sebaliknya, cokelat Meso-Amerika tampaknya tidak dibuat manis.

dan seperti apakah elo ngedefenisiin rasa coklat?
menurut gw rasa coklat ituuuu, ya rasa coklat. persis kayak kalo orang nanya apa defenisi cinta ke gw. cinta ya cinta. cinta dan rasa coklat itu sebuah jawaban, bukan pertanyaan ..jadi gak perlu dipertanyakan lagi :)

tapi dalam bukunya Kaisar Cokelat (Emperors of Chocolate), Joel Glenn Brenner menggambarkan riset terkini tentang rasanya. Menurutnya rasa cokelat tercipta dari campuran 1.200 macam zat, tanpa satu rasa yang jelas-jelas dominan. Sebagian dari zat itu rasanya sangat tidak enak kalau berdiri sendiri. Karenanya, sampai kini belum ada rasa cokelat tiruan.


ah ya..gw lupa jenis coklat : 

  • Couverture, asing yah kedengerannya?  Couverture Chocolate adalah salah satu jenis cokelat yang sering dipakai untuk membuat kue atau praline. Cokelat ini memiliki kandungan butter cokelat (mentega atau lemak yang ada pada buah cokelat) sekitar 32%-40%. Kandungan lemak cokelat inilah yang memberi tekstur lembut juga rasa lumer di lidah. Karena itu harganya lebih mahal karena kandungan lemak cokelatnya banyak. Untuk melumerkan cokelat ini harus melalui 'tempering' sebelum dipakai atau diolah. Banyak dijual di toko bahan kue atau pasar swalayan besar dalam bentuk batangan.

  • Plain coklat, dari namanya aja udah keliatan kan..gw rasa gw gak terlalu suka jenis coklat yang punya persentase massa kakao 30-70%. kedengerannya paittt..
  • Milk chocolate, campuran gula, cocoa butter, coklat cair, susu, dan vanilla. kadar massa kakaonya cuma 20%, coklat ini paling banyak diknsumsi,,, yaiyalah rasanya paling friendly sih menurut gw dilidah.
  • Dark chocolate, kesukaan emak gw yang akhirnya turun ke gw. hehe, coklat ini punya massa kakao 30-60%. gw suka karena gak terlalu manis, sedikit pahit yang justru jadiin jenis ini analogi yang pas buat hidup. manis pahit :)
  • white chocolate,  campuran gula, cocoa butter, susu, dan vanilla, oh iya gw baca katanya kalo lo pengen bikin coklat yang bewarna warni disaranin pake coklat ini, tapi inget jangan pake pewarna kain ato kertas . hehe.
nah, lo udah kenal sejarahnya, udah tau sisi baiknya si coklat, kalo sisi jeleknya yah...bisa kegendutan aja kalo lo makan seenggaknya puluhan batang coklat sehari trus langsung tidur. haha.
gila parah banget kalo ada orang kaya gitu..

ohiye...nih resep kue coklat sederhana buat yang rajin masak :)

Bahan :
  • Mentega 250 gr
  • Gula 250 gr
  • Tepung 150 gr
  • Telur 6 btr
  • Coklat bubuk 50 gr
  • Ovalet 1 sdm
Cara Membuat Kue Coklat  :
  1. Kocok mentega dan gula sampai putih dan lembut
  2. Tambahkan ovalet (kreasimasakan.blogspot.com)
  3. Masukkan telur satu per satu
  4. Masukkan campuran tepung dan coklat bubuk yang telah diayak
  5. Masukkan di cetakan loyang Love yang telah diolesi mentega dan tepung, panggang sampai matang
  6. trus bisa dihias seuai selera, kayak cupcake lucu dibawah ini...(omaigad. unyu sekaliii)



dan akhirnya gw ucapkan selamat bertukar coklat, ato cuma ngasih coklat, ato cuma makan coklat sendirian...its okay. coklat still the best. 

silverqueen, anyone? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar