Minggu, 19 Februari 2012

Kita dan Mal


Mal udah jadi bagian dari kehidupan kita sekarang. Siapa sih yang hari gini gak pernah ke mall, bahkan mungkin orang dari tempat-tempat terpencil pun pernah ke mall. Yak, tempat berbelanja yang menurut wikipedia biasanya berlokasi di lokasi perumahan ini butuh lahan yang cukup luas, makanya kadang mal itu bangunannya bertingkat-tingkat.
Nyaman dan bersih pasti jadi jawaban pertama orantg-orang yang ditanya kenapa milih belanja (atau mungkin Cuma nongkrong) di mal. Tapi selain itu semua juga pada tau kalo di mal tuh bias ngadem, barang-barang bagus supermahal dengan diiming-imingi diskon puluhan persen ada disana, atau karena banyak cowok atau cewek kece. Menurut gw sih, adanya mal makin ngebentuk orang-orang (terutama kita, remaja) jadi konsumtif. Ngerasa gak? Kalo ada apa-apa yang mau dibeli, biasanya nih mal dulu yang didatengin, kan bisa sambil menyelam minum air. Mungkin mau beli buku pelajaran, sambil liat-liat baju atau sepatu. Eh, ternyata bukunya gak nemu, malah nenteng plastik yang isinya baju atau sepatu yang dilirik-lirik tadi. Jauh panggang dari api.

     Sadar gak sih , kalo kita ke mall seperti yang udah gw bilang tadi , atau bisa disimpulkan dengan satu kata : gengsi. Ya, pasti sebagian orang (atau mungkin semua) pergi ke mal karena gengsi. “ah, gengsi kalo belanja di pasar.”, “aduh gak usah kesitu deh, kita ke mal aja, lebih keren tauk!”, atau ”disini panas, becek pula, enakan di mall.” Hayoo pernah gak kepikiran atau ngomong kaya gitu? Nah, sebenarnya nih kalo kita terus mikir kaya gitu, tanpa sadar kita udah bikin sebagian orang gak bisa makan loh, guys. Kok bisa?
     Ya bisa lah, kalo kita Cuma mau pergi ke mal, siapa lagi yang mau beli dagangannya orang-orang dengan usaha kecil menengah? Kalo gak ada yang beli mereka ga bakal punya uang, kalo gak punya uang ya…gak bisa makan dong. Bener gak?

     Selain menciptakan budaya konsumtif, mematikan pasar tradisional beserta usaha kecil, mal juga berdampak buruk buat kantong.
        Menurut Media Indonesia.com, harga barang di pasar tradisional bisa sepertiga harga barang yang sama yang dijual di mal. Kenapa gitu? Tau gak kalo satu supermarket di Jakarta bisa menghabiskan listrik setara dua kabupaten di Jawa, nah buat listrik sebanyak itu pastinya juga butuh biaya yang gak sedikit. Biaya itulah yang dibebankan sama orang-orang yang buka outlet didalem mall, nah, si pedagang ini membebankan balik uang pajak tadi ke barang yang dia jual, dan barang itulah yang kita beli. Makanya harga di mal biasanya jauh lebih mahal.
     oh iye, waktu gw denger berita kalo pemerintah Solo bikin kebijakan buat pemberhentian pembangunan mal buat melindungi pedagang di pasar tradisional, gw setuju banget. Akhirnya pemerintah bisa dengan tegas menahan dampak buruk yang udah ditimbulin sama mal.
      Tapi kita semua juga harus ikut ambil bagian loh, guys. Caranya :
  • jangan jadi konsumtif; jangan mudah tergiur sama diskon ini itu, 
  • biasakan buat list supaya sampe di tempat belanja, cuma beli yang emang mau dibeli, 
  • hentikan kebiasaan dikit-dikit-mal. Mau beli pensil, buku tulis, atau bahkan sabun dua biji gak harus kan pergi ke mal. Beli aja ke warung skeet rumah, selain deket dan hemat, kan sekalian beramal karena membantu mengembangkan usaha tetangga. Ya gak? 
Jadi, jadilah konsumen yang bijaksana:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar