Rabu, 15 Februari 2012

loneliness or solitude?


solitude : to express the glory of being alone 
loneliness : to express the pain of being alone

''ke kantin gak?" ,
pertanyaan yang sering banget gw dengerin di jam-jam istirahat di kelas gw. 
semua orang dapet pertanyaan yang sama , kecuali gw. ya, gw.
tanpa gw sadari sebenarnya gw lebih sering melakukan semuanya sendiri, menikmati jam-jam kesendirian gw dengan bermesraan bersama kesepian, 

gw yg menjauhi mereka, atau mereka yang enggan deket-deket gw. gw juga gak tau pasti. menyalahkan diri gw atau siapapun cuma buang-buang waktu, faktanya kalau gw individualis dan mereka bukan, sudah cukup jadi causa prima kesendirian gw. menghabiskan waktu sendirian.., membuat gw berpikir banyak tentang segala hal yang terjadi di sekitar gw.

jadi Loner itu tidak menyenangkan, sama sekali nggak. Tapi keadaan yang memaksa, dan akhirnya gw menemukan kebahagiaan dan keindahan tersendiri menjadi seperti itu. seperti Henry Rollin mengungkapkan :
"Loneliness adds beauty to life. It puts a special burn on sunsets and makes night air smell better." 
itu bener banget menurut gw, sebuah penjabaran dari kata solitude yang nyata.

.........entah kenapa,
 yang pasti yang gw rasakan dengan sangat, gw jarang banget jadi diri gw sendiri saat gw bersama temen-temen gw atau bahkan sama keluarga gw sendiri. lebih sering gw rasakan bosan bersama mereka ,tetapi lebih seru dan menyenangkan ketika gw berkutat dengan diri gw sendiri, keasyikan yg gw bisa lakuin tanpa takut dicela siapapun, dikritik siapapun, atau bahkan dilarang siapapun. 

seringkali, dan gw rasa sih hampir (atau mungkin) semua orang gak memahami gw; cara gw berpikir, menanggapi sesuatu, perubahan suasana hati gw, dan keinginan gw. seringkali juga mungkin gw terlalu egois, karena terlalu keukeuh mempertahankan individualisme gw dibanding melebur bersama mereka atau mencoba menjadi bagian dari mereka.
but, this is me.

mungkin orang bilang, bullshit banget kalo gw orangnya penyendiri (yang biasanya mereka orientasikan dengan pendiam). Toh gw sering ikut lomba ini-itu yang membutuhkan kemampuan berbicara didepan orang banyak. Berbicara, pidato, bertanya, berdiskusi, dan berdebat bukan hal baru buat gw. Sepertinya karena itu mereka pikir gw bukan anak pendiem atau lebih tepatnya penyendiri.
tapi sebenarnya ..gw ngerasa sendiri. aneh. dan gw rasa ini loneliness.
It is strange to be known universally and yet to be so lonely. 
-Albert Einstein
hari-hari gw bertemankan kesendirian yang sangat gw cintai sejak gw pertama kali mengenal kata cerai, kesendirian yang masih gw cintai hingga sekarang saat gw selalu dikecewakan, dan kesendirian yang tetap akan gw cintai sampai kapanpun hingga seseorang mampu memahami gw apa adanya..
"Bosan aku dengan penat..enyah saja kau pekat. Seperti berjelaga, jika ku sendiri." 
 Rangga.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar